Rabu, 06 Januari 2010

Internet Addict (1) : Twitter..!! :) :)


Apa sih twitter? Mungkin sebagian orang udah tau yang namanya Twitter.. tapi pasti ada juga yang belom tau, kan?? di sini, saya.. ehm.. aku.. atau gw?? bingung.. padahal blog sendiri.. :P Oke, aku ajaa, yaa.. aku bakalan jelasin semua tentang twitter... aku sendiri punya twitter dari tanggal 5 Mei..

Secara bahasa twitter artinya Berkicau.. dan emang kayanya twitter dibuat utk orang yang suka berkicau.. twitter semacam microblogging gratis.. seperti update status di Facebook.. tapi twitter lebih unik dan lebih asik.. *menurut pendapatku..*



..Tampilan home Twitter..

Gambar di atas itu contoh tampilan home twitter.. Di home itu, bakalan muncul update-an user-user twitter yang kita follow... soal follower dan following dijelasin belakangan.. Di paling atas gambar, ada tulisan, "What's happening?" di situ kita bisa tulis updatean kita.. dibawah ini gambar jelasnya..

..update..
Update-an yang kita tulis di situ, akan terbaca sama followers kita.. kecuali reply untuk orang yang gak difollow oleh follower kita.. Kita bisa update paling banyak 140 karakter.. lebih dari itu gak akan bisa diupdate.. Kok sedikit? emang, tapi itulah asiknya.. kita ditantang untuk menuliskan sesuatu yang jelas dan singkat hanya dalam 140 karakter..

..following VS followers..
Following dan followers.. apa sih itu?? pas pertama pake twitter juga aku gak ngerti... Following itu orang-orang yang kita follow sedangkan followers orang-orang yang follow kita.. udh gitu aja? gampangnya sih kaya gitu.. follower bisa liat semua updatean kita, kecuali reply-an untuk orang yang gak difollow oleh follower kita.. bingung? (Contoh : A follow B.. tapi A gak follow C.. makanya reply-an B ke C gak bisa kebaca sama si A..)
Account twitter bisa diprotect biar bisa mengatur siapa aja yang kita follow.. bagus, kan? emang bagus tapi sayangnya, mention kita untuk orang yang gak follow kita gak akan kebaca sama orang yg kita mention.. bingung lagi? (Contoh : A accountnya diprotect dan A follow B.. tapi B gak follow A.. mention A ke B gak akan kebaca sama B kecuali, B juga follow A...)

Reply/mention apa sih? Reply itu balasan untuk update-an seseorang.. caranya gimana? Cara reply tinggal klik dibawah updatean orang yang mau kita reply.. liat gambar dibawah..

..Reply & Retweet (RT)..

Bisa diliat di gambar atas, ada reply dan Retweet.. cuma keluar klo kita deketin kursor.. Retweet apaan lagi, sih? Retweet atau RT itu untuk memforward updatean seseorang biar kebaca sama followers kita.. klo pake web sih gak bisa diedit.. tapi klo pake twitter client yg lain sih bisa.. kok bisa beda? seharusnya yang namanya RT emang gak bisa diedit.. tapi karena ada twitter client yang bisa RT + edit, jadi banyak yang pake Retweet untuk ngobrol.. *termasuk saya..* Klo Direct Message apa? DM atau Direct Message sama aja kaya reply atau update.. tapi DM hanya cuma dibaca sama orang yang dituju ajaa..

Trending Topic.. ini penting juga lho dalam kehidupan per-twitter-an.. daripada twitter isinya gitu-gitu ajaa, gak ada salahnya ikut meramaikan trending topic.. Contoh Trending Topics bisa diliat dibawah..

Trending topic cirinya memakai hashtag (#).. kalau pakai hashtag, update-an kita yg berisi trending topic itu bisa dilihat hanya dengan klik hashtag tersebut.. Trending Topic biasanya diikuti sama semua orang penggunatwitter.. kecuali trending topic dengan bahasa Indonesia, yaa.. orang luar gak ngerti soalnya..
Trending topic harian seperti #musicmonday atau #followfriday... atau trending topic dari Indonesia seperti #tebakfilmtranslate atau #tebakbandtranslate..





Terus apa lagi?? Apa lagi, yaa?? bingung.. itu dasar-dasarnya aja, sih yg akuu tauu.. :)
List Twitter Client aja, yaa...
1. Tweetdeck => Recommended bgt untuk yang suka twitteran di PC..
2. Snaptu => Klo menurut aku twitter client yang paling bagus untuk HP.. tapi agak mahal dan harus download..
3. Tweete => Klo males download pake ini juga bagus..
4. Dabr => Agak lemot dan berat, tapi lumayan..

List User Twitter...
1. @vidialdiano => ha..ha.. klo yang ini pasti..
2. @radityadika => Si kambing ini suka mengupdate hal-hal absurd..
3. @funnyoneliners => Update-an lucu-lucu..
4. @lagimakan => Klo mau tau makanan enak-enak + gambarnya..
5. @loveandthefeel, @theheartbox, @thelovestories => Kata-kata cinta yg menginspirasi..

Cuma segini yang bisa dishare.. maaf klo gak jelas.. dan muter-muter jelasinnya.. Btw, Thanks for reading.. :) :)





Just Me,


NB: Update-an selanjutnya mungkin tentang Formspring.. Apa tuh formspring? Tunggu aja update-an selanjutnya.. :D :D

0 comment:

Posting Komentar

 

...Live My Life... Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez